Cara Menggunakan LastPass untuk Menyimpan Password

Lastpass merupakan salah satu aplikasi password manager yang populer. Aplikasi ini banyak digunakan karena dukungan platformnya yang luas dan fiturnya yang lengkap.

LastPass tersedia untuk berbagai platform, yaitu ekstensi browser (bisa digunakan di Chrome, Firefox, Opera, dll), aplikasi komputer (Windows dan Mac), serta aplikasi untuk smartphone (Android dan iOS). 

LastPass memiliki layanan gratis dan premium. Layanan gratisnya sudah menyediakan fitur yang relatif lengkap. Fitur-fiturnya antara lain akses dari semua device dan mensinkronkan dengan mudah, encrypted password vault yang membuat pengguna bisa menyimpan kata sandi bersama dengan nama pengguna yang sesuai dan URL akun digunakan, auto-fill, ekstensi browser, dan password generator (otomatis menghasilkan kata sandi setiap kali pengguna mendaftar untuk akun baru di sebuah situs).

Sementara layanan premium memberikan fasilitas tambahan dari fitur dasar yang sudah ada. Layanan itu antara lain akses darurat, pelayanan sebagai konsumen prioritas, dan advanced multi-factor authentification. Selain itu, terdapat layanan berbagi akun one-to-many sharing. Pada layanan gratis, berbagi akun hanya bisa dilakukan satu orang dengan satu orang lainnya. Di layanan premium, berbagi akun bisa dilakukan dengan banyak orang.

Mulai menggunakan

Cara praktis memulai menggunakan LastPass ialah dengan ekstensi browser. Mama bisa menyimpan password dengan mudah setelah ekstensi LastPass terpasang di browser. 

Cara menggunakan LastPass di ekstensi browser

1. Unduh dan instal ekstensi browser dari Lastpass.com

2. Setelah terpasang, ikon LastPass akan muncul di tools browser.

3. Klik ikon LastPass, pilih ‘Create an Account Now.’

4. Ketik alamat email dan buatlah master password yang kuat dan unik. 

5. Kembali ke halaman utama untuk login dengan akun yang sudah dibuat.

6. Ketik username dan password. 

7. Klik ikon Lastpass di dalam kolom password. Klik ‘Save credentials for this site.’

Setelah menginstal ekstensi browser LastPass, Mama bisa menggunakannya untuk semua kebutuhan manajemen password yang dimiliki. Aplikasi bisa mengisi kredensial dan data untuk situs web yang cocok, menelusuri dalam Vault, atau menelusuri item menurut kategori. Anda juga dapat mengakses Vault, menambahkan item baru, menghasilkan kata sandi yang aman, mengelola opsi akun, dan banyak lagi.

Menyimpan password pertama kali

Mama bisa mengisinya langsung di aplikasi. Masukkan data personal sesuai dengan item yang tersedia. Selain password, tersedia pula item secure note, alamat, kartu pembayaran, rekening bank, SIM, passport, nomor jaminan sosial, polis asuransi, kartu asuransi kesehatan, kartu keanggotaan, password Wi-Fi, alamat email, instant messanger, database, server, software license. Bahkan, Mama juga bisa membuat menambahkan atau membuat item baru sesuai kebutuhan melalui browser. 


Cara praktis menyimpan password juga bisa dilakukan di ekstensi browser LastPass. Mama tinggal log in ke situs yang diinginkan, secara otomatis LastPass akan menawarkan untuk menyimpan password. Jika menyetujuinya, maka password akan tersimpan di Vault. Penambahan data akan terupdate otomatis pada aplikasi LastPass di ponsel. Tidak rumit kan? 

Setelah password tersimpan di LastPass, Mama bisa melakukan login dengan lebih mudah. LastPass bisa mendeteksi otomatis username dan password yang digunakan di website yang sedang dibuka. 

Aplikasi juga akan mendeteksi jika password yang digunakan tidak cukup kuat. Aplikasi akan menunjukkan adanya security challenge, ikon LastPass di browser yang berwarna merah akan berubah menjadi kuning.

Selain LastPass, masih banyak aplikasi password manager yang bisa menjadi pilihan. Meski mempunyai layanan dasar yang hampir sama, setiap aplikasi mempunyai spesifikasi masing-masing. Rekomendasi aplikasi lainnya bisa disimak di sini. Setelah ini, Mama bisa memperbarui semua password sekuat dan seunik mungkin. Simpan dan biarkan aplikasi password manager yang mengingatnya.  


Posting Komentar

0 Komentar