Cara Menggunakan Messenger Room, Fitur Video Call Whatsapp Sampai 50 Orang


Pandemi COVID19 telah mengubah cara berkomunikasi. Pertemuan dengan mitra kerja bahkan kegiatan belajar mengajar di sekolah kini dipindah ke ruang-ruang virtual. Perubahan ini pula yang mendorong Whatsapp meluncurkan fitur barunya, Messenger Room. 

Dengan Messenger Room, pengguna Whatsapp bisa melakukan video call dengan 50 orang sekaligus. Sebelumnya, video call Whatsapp hanya bisa diikuti oleh delapan orang saja.  

Messenger Room sebelumnya telah diluncurkan di Facebook, platform jejaring sosial yang kini berada di bawah bendera yang sama dengan Whatsapp. Pengguna Whatsapp kini bisa dengan mudah 'create room' di Messenger Room.

Video call Whatsapp sampai 50 orang ini bisa dilakukan di Whatsapp Web maupun di telepon seluler. Pastikan aplikasi Whatsapp sudah diupdate ke versi terbaru untuk bisa menggunakan layanan ini. Begini langkah-langkah menggunakannya:

1. Buka halaman chat dengan kontak atau grup yang akan diundang melakukan video call.

2. Klik ikon paper clip di chat bar untuk Whatsapp di ponsel atau di kanan atas halaman chat untuk versi Whatsapp Web.

3. Pilih ikon Room (seperti handycam berwarna biru). 

4. Pada group yang anggotanya lebih dari lima orang, bisa juga dengan klik ikon group call, lalu klik "create a room".

5. Selanjutnya pengguna akan dialihkan ke Messenger dengan menekan "CONTINUE IN MESSENGER".

6. Lalu pilih CREATE ROOM AS (nama pengguna).

Jika pengguna menggunakan aplikasi Messenger, perlu mengupdate aplikasi ke versi terbaru. Jika tidak menggunakan aplikasi Messenger, maka pengguna perlu login Facebook.

7. Setelah itu, akan ada link khusus yang bisa disalin dan dikirim melalui Whatsapp untuk mengundang peserta video call lainnya.

8. Pengguna lain cukup klik link tersebut untuk bergabung otomatis ke ruang virtual tersebut.

Dengan layanan ini, Whatsapp bisa menjadi pesaing baru layanan video conference yang banyak digunakan belakangan seperti Zoom atau Google Meet. Tertarik mencoba? 


Posting Komentar

0 Komentar