Cara Menggunakan TeamViewer untuk Membantu Anak Belajar di Rumah


TeamViewer merupakan salah satu aplikasi remote desktop yang populer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses dan memantau satu perangkat dari perangkat yang lain. 

Misalnya saja, ketika Mama bekerja dari rumah, namun perlu mengakses file yang tersimpan di komputer kantor. Mama bisa mengakses komputer di kantor menggunakan laptop yang ada di rumah dengan bantuan TeamViewer.

Dengan fungsi itu, TeamViewer juga bisa digunakan untuk kelancaran pembelajaran jarak jauh (PJJ) anak-anak. TeamViewer bisa membantu Mama mengoperasikan laptop atau personal computer maupun smartphone yang digunakan anak untuk belajar di rumah. Jika anak mengalami kesulitan mengoperasikan aplikasi ataupun platform yang digunakan untuk PJJ, Mama bisa tetap membantunya dengan menggunakan Team Viewer.

TeamViewer juga bisa memudahkan Mama memantau proses PJJ anak. Mama bisa mengetahui materi pelajaran apa saja yang diterima anak dan tugas-tugas apa saja yang diberikan guru. Mama jadi mudah memeriksa apa-apa saja yang perlu dikerjakan anak.  

Tidak hanya itu, TeamViewer juga bisa membantu Mama mengawasi anak-anak saat menggunakan gadgetnya. Mama bisa mengetahui aplikasi apa saja yang dipakai. Ini sangat berguna untuk mengurangi kekhawatiran Mama saat meninggalkan anak belajar di rumah menggunakan gadget.

TeamViewer memiliki empat fitur utama yaitu Remote Support, Presentation, File Transfer, dan VPN. Remote Viewer, yang menjadi bagian dari Remote Support, adalah fitur paling populer dan paling sering digunakan oleh pengguna TeamViewer. Aplikasi ini menyediakan versi gratis dan berbayar. TeamViewer bisa digunakan di sistem operasi Windows, Mac, Linux, Chrome OS, Android, iOS, juga Windows App.

Bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat apa saja?

TeamViewer bisa digunakan untuk:
  1. Remote PC ke PC atau laptop ke laptop: masing-masing PC atau laptop harus diinstal aplikasi TeamViewer yang bisa diunduh di www.teamviewer.com.        
  2. Remote PC dari smartphone Android: untuk mengendalikan PC dari smartphone android, PC menggunakan aplikasi Teamviewer, sedangkan Android harus diinstal TeamViewer for Remote Control.
  3. Remote Android dari PC atau laptop: untuk mengendalikan Android dari PC, PC menggunakan aplikasi Teamviewer, sedangkan Android perlu diinstal TeamViewer QuickSupport.

Bagaimana cara menggunakannya?

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan Teamviewer:
  1. Unduh aplikasi TeamViewer sesuai dengan yang dibutuhkan perangkatnya. Saat menginstal TeamViewer, pilih penggunaan personal atau non-commercial use supaya gratis.   
  2. Buka TeamViewer yang sudah terinstal di perangkat yang digunakan
  3. Layar akan menampilkan ID dan Password perangkat Mama. ID dan password ini diperlukan memberi akses pada perangkat lain untuk mengoperasikan perangkat Mama ini
  4. Masukkan ID perangkat yang akan dioperasikan (ID client). Dalam hal ini, ID yang tertera di aplikasi TeamViewer yang terpasang di laptop atau PC yang digunakan anak.
  5. Pilih Remote Control, lalu klik 'Connect'.
  6. Setelah itu akan muncul pop up untuk memasukkan password. 
  7. Klik ‘Log On’.
  8. Selesai. Kedua perangkat sudah terhubung. Mama sudah bisa mengambil kendali laptop atau PC yang digunakan anak.

Tidak sulit kan Mama? Semoga dengan aplikasi ini membantu mendampingi anak-anak belajar di rumah meski Mama sudah harus bekerja di kantor. Selamat mencoba! 

Posting Komentar

0 Komentar