Kuota Internet untuk Belajar Online dari 5 Operator Seluler

Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ masih terus berlangsung demi keselamatan anak-anak kita di masa pandemi. Buat para  Mama, salah satu hal yang pasti bikin intip-intip isi dompet (selain pos jajan buat anak yang minta ngemil terus di rumah) adalah biaya internet yang melonjak drastis. Sudah tahukah Mama bahwa beberapa operator seluler saat ini menyediakan kuota belajar online dengan harga yang terjangkau?  Berikut ini kami tuliskan beberapa paket internet yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai situs dan aplikasi untuk belajar online dari berbagai operator seluler di Indonesia.

1. Telkomsel

Telkomsel menawarkan Kuota Belajar 10GB seharga Rp10 saja yang berlaku tanggal 21 Agustus - 31 Desember 2020. Setiap pelanggan hanya dapat membeli kuota ini satu kali saja dengan mengakses *363*844# atau via aplikasi MyTelkomsel.

Kuota Belajar merupakan kuota gabungan Ilmupedia dan Conference yang bisa digunakan untuk dua tujuan utama:

  1. Kuota Ilmupedia untuk mengakses aplikasi edukasi termasuk Google Classroom, Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, AyoBlajar, Birru, dan ratusan portal e-learning kampus dan sekolah yang tergabung dalam Ilmupedia. Daftar aplikasi edukasi dan website e-learning yang tergabung bisa dilihat di halaman Ilmupedia.
  2. Kuota Conference untuk mengakses  aplikasi conference termasuk Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx, UMeetMe, dan CloudX. 

Jika Kuota Belajar sudah habis, pelanggan bisa membeli kuota ketengan Ilmupedia atau Conference secara terpisah. 

  • Paket Ketengan Ilmupedia ditawarkan mulai dari yang termurah Rp1.000 untuk 1GB yang berlaku 1 hari, tersedia pula paket 3 hari (5, 10, dan 15GB) dan 7 hari (10,15, dan 25GB).
  • Paket Ketengan Conference ditawarkan mulai Rp 2.500 untuk 2GB yang berlaku 1 hari, juga tersedia paket 3 hari (5 dan 10GB) dan 7 hari (5,10, dan 20GB)

Cek aplikasi MyTelkomsel untuk update harga dan paket terbaru sesuai lokasi, ya!


2. XL

XL Axiata menawarkan paket Belajar Online 30 GB seharga Rp10 yang menggabungkan dua jenis paket kuota internet untuk menunjang aktivitas belajar dari rumah. 

  • Paket XTRA Edukasi dapat digunakan untuk mengakses Rumah Belajar dan Spada Indonesia Kemendikbud, Ruangguru, Zenius, Sekolahmu, dan berbagai portal e-learning lembaga pendidikan dan universitas.
    • Rp1.000 untuk kuota 2GB dengan masa aktif 1 hari
    • Rp2.500 untuk kuota 5GB dengan masa aktif 3 hari
    • Rp7.500 untuk kuota 15GB dengan masa aktif 7 hari 
  • Paket XTRA Conference digunakan untuk mengakses aplikasi conference yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Hangout, Google Meet, dan Google Classroom. 
    • Rp2.000 untuk kuota 2GB dengan masa aktif 1 hari
    • Rp4.000 untuk kuota 5GB dengan masa aktif 3 hari
    • Rp10.000 untuk kuota 15GB dengan masa aktif 7 hari

Paket Belajar Online maupun paket XTRA di atas dapat diaktifkan melalui aplikasi myXL.


3. Axis

Pengguna Axis dapat menggunakan Paket Kuota Aplikasi BOOSTR sesuai kebutuhan. Untuk keperluan belajar online, ada dua paket BOOSTR yang cocok digunakan:

  • BOOSTR Edukasi yang bisa digunakan untuk mengakses Sekolahmu, Udemy, Zenius, Ruangguru, serta situs universitas dan Kemendikbud
  • BOOSTR Konferensi yang bisa digunakan untuk mengakses Zoom, Google Classroom, Microsoft Teams, Google Meet, dan Google Chat

Kedua paket tersebut ditawarkan sebagai berikut:

  • Rp800 untuk kuota 2GB dengan masa aktif 1 hari
  • Rp2.900 untuk kuota 5GB dengan masa aktif 7 hari
  • Rp8.900 untuk kuota 15GB dengan masa aktif 7 hari

Paket-paket di atas dapat diaktifkan melalui aplikasi AXISnet.


4. IM3 Ooredoo

Pengguna IM3 Ooredoo bisa mengaktifkan paket pintar IMClass  untuk mengakses Ruangguru, Quipper, Sekolahmu, Zenius, situs belajar Kemendikbud dan beragam universitas di Indonesia. Kuota 30GB yang berlaku selama 30 hari bisa didapatkan dengan Rp1 saja. Paket IMClass bisa diaktifkan melalui aplikasi myIM3 atau *123*369#

Untuk virtual meeting, pelanggan bisa mengaktifkan kuota Apps di Rumah Aja untuk mengakses Microsoft Teams, Webex, dan Skype. Caranya bisa dengan mengakses *123*445#  atau melalui aplikasi myIM3. Ada tiga pilihan paket yang ditawarkan:

  • Rp6.700 untuk kuota 2GB dengan masa aktif 1 hari
  • Rp17.000 untuk kuota 5GB dengan masa aktif 3 hari
  • Rp27.000 untuk kuota 10GB dengan masa aktif 7 hari


5. Tri

Pelanggan Tri dapat mengaktifkan paket data AlwaysOn (AON) yang mencakup Kuota Belajar untuk mengakses RuangGuru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom dengan batas pemakaian wajar 250 MB per hari. Paket ini berlaku selama periode promo (26 Juli-30 September 2020)

Ada berbagai paket yang ditawarkan, mulai AON 1.5 dengan Kuota Belajar 750MB seharga Rp15.000 untuk 3 hari hingga AON 16 dengan Kuota Belajar 7.5GB untuk 30 hari seharga Rp90.000.

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa mengakses aplikasi bima+ atau *123#. 


Semoga informasi di atas bisa membantu Mama untuk menyediakan internet dengan harga terjangkau untuk belajar anak di rumah, ya!

Posting Komentar

0 Komentar