[Tanya digitalMama] Pusingnya Menghafal Password Orang Serumah, Tolong!


Tanya

Dear digitalMama,

Sebagai emak-emak di era digital, semakin sering berurusan sama password. Bukan cuma akun sendiri, akun anak, suami, bahkan orangtua juga harus hafal. Karena pasti kalau ada yang lupa pasti yang ditanya mamanya. Padahal password sendiri juga kadang lupa, pernah juga lupa email apa yang dipakai untuk mendaftar. Lama-lama pusing juga nih ngafalin password. Solusinya bagaimana ya?

Mama Naura di Bandung




Jawab

Hai Mama Naura,

Memang tidak mungkin menghafal sebegitu banyak password. Apalagi password harus kuat dan unik. Password yang unik biasanya memang sulit dihafalkan.

Mama bisa mencoba aplikasi password manager untuk memudahkan. Aplikasi ini bisa membantu mengingat password yang banyak itu. Mama cukup mengingat satu master password saja. Soal password manager ini selengkapnya bisa dibaca di website digitalmama.id yaa.

Satu hal yang wajib diketahui, password ini termasuk informasi yang sifatnya rahasia. Tidak bisa dibagi kepada orang lain. Jadi hindari berbagi password lewat WhatsApp atau dicatat di notes. Bahkan sering dijumpai password WiFi yang ditempel di dinding. Seolah hal biasa, tetapi itu bisa jadi celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mama bisa memegang password anggota keluarga yang masih anak-anak. Tetapi untuk yang berusia lebih dari 13 tahun, mereka sudah bisa mengelola akunnya sendiri. Kita harus mengedukasi pentingnya mengamankan password sejak dini. Supaya mereka terbiasa tidak sembarangan menyimpan password, apalagi membagikannya. 

Berbagi password juga sering dijumpai pada layanan internet yang menyediakan akun bersama. Akunnya satu tetapi bisa dipakai untuk beberapa orang. Misalnya saja, paket layanan nonton streaming untuk keluarga atau yang dipakai bersama teman-teman. Mau tidak mau, jadi harus berbagi akun dan password karena platform tersebut belum tentu memberi akun masing-masing. Biasanya satu akun yang bisa dibuat lebih dari satu profil. 

Untuk situasi semacam itu, bisa diatasi juga dengan password manager. Aplikasi password manager ada yang menyediakan layanan untuk berbagi akun, misalnya fitur yang dimiliki oleh LastPass. Jadi semua member di akun bersama itu bisa mengakses password lewat aplikasi itu. Akses bisa ditutup jika ada member yang berhenti berlangganan. Cara ini bisa dicoba supaya akun dan password lebih terlindungi.

Password manager fungsinya tidak hanya untuk mencatat dan mengingat password. Di aplikasi itu juga bisa untuk mencatat email apa yang digunakan untuk login, akun pemulihan, user ID. Jika Mama menggunakan aplikasi password manager, nantinya aplikasi akan menawarkan untuk menyimpan username dan password setiap Mama login ke sebuah website. Semoga bisa memudahkan Mama ya, selamat mencoba!

Yohan Totting
IT Consultant




Punya pertanyaan seputar pengasuhan dan gaya hidup di era digital atau topik lain seputar literasi digital untuk kaum ibu, silakan hubungi kami via email di digitalmamaid[at]gmail[dot]com dengan subyek [Tanya digitalMama]!

Posting Komentar

0 Komentar