Di tengah gelombang digitalisasi, membaca buku acap kali dinilai kuno. Seolah-olah buku tidak cocok dengan perkembangan teknologi yang tidak terbendung. Padahal, era digitalisasi justru membuka akses yang sangat luas untuk menikmati buku-buku yang menarik sekaligus bermanfaat. Sudah banyak perpustakaan digital yang bisa diakses publik secara gratis. 

Zaman boleh berubah, namun buku tetap menjadi media belajar yang penting bagi anak. Buku bisa membantu anak mempelajari kosakata baru yang berguna untuk mengasah ketrampilan komunikasinya. Buku juga menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan konsep baru kepada anak. Lewat cerita dalam buku, anak bisa mengembangkan daya imajinasi dan membuka wawasan.

Buku kini hadir pula dalam bentuk digital yang bisa dibaca secara online maupun offline. Mama tinggal memilih buku apa yang sesuai dengan usia anak dan tema apa yang disukainya. Berikut lima perpustakaan digital yang seru untuk anak rekomendasi digitalMamaID

Let’s Read

Let’s Read berisi berbagai buku cerita dari berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia. Koleksinya sangat beragam. Tidak hanya berbahasa Indonesia, tetapi juga dalam Bahasa daerah, misalnya saja Bahasa Jawa, Sunda, Minangkabau, dan Bali. Mama bisa memilih level bacaan yang sesuai untuk anak. Level bacaan terbagi dari My First Book, kemudian Level 1 sampai dengan 5. Tema koleksi bukunya juga beragam, mulai dari petualangan, sains, hewan, seni, musik, komedi, superhero, dan lainnya. Setiap buku disertai ilustrasi yang menarik dan penuh warna. Koleksi buku bisa diunduh di website reader.letsreadasia.org atau menikmatinya lewat aplikasi Let’s Read.

Seru Setiap Saat

 

Serusetiapsaat.com merupakan website yang menghadirkan e-book cerita bergambar dalam Bahasa Indonesia. Buku cerita dikategorikan dalam Fabel, Karya Anak, Cerita Tanpa Teks, serta Free E-Books.

Menariknya, situs ini tidak hanya ditujukan bagi para pecinta buku cerita. Tetapi juga para penulis dan illustrator. Mereka bisa turut berkontribusi di website ini. 

Oxford Owl Library

 

Koleksi buku digital Oxford Owl Library utamanya ditujukan untuk usia 3-11 tahun. Semua koleksinya berbahasa Inggris sehingga bisa menjadi wahana pembelajaran Bahasa Inggris juga nih, Mama. Genre bukunya juga sangat beragam. Selain buku cerita, tersedia pula buku aktivitas, kamus, juga buku nonfiksi. 

Di situs ini, Mama juga bisa mendapatkan berbagai ide aktivitas untuk anak sesuai umurnya. Situs ini juga memberi ruang khusus bagi para guru. Guru bisa mendapatkan bacaan menarik dan ide pembelajaran yang asyik untuk murid.

Storynory