Rekomendasi 5 Aplikasi Password Manager yang Patut Dicoba

Mengingat banyak password menjadi konsekuensi hidup di era yang serba digital. Semakin banyak akun yang kita buat, semakin banyak password yang harus diingat. Aplikasi password manager menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan mengingat banyak password

Informasi tentang aplikasi password manager selengkapnya bisa dibaca di sini. Kali ini, digitalMamaID memberikan lima rekomendasi aplikasi password manager yang banyak digunakan. Mama bisa mencoba menggunakan salah satunya.

Sebenarnya sudah banyak layanan password manager gratis yang bisa digunakan. Misalnya saja yang disediakan oleh browser atau sebagai fitur dasar yang ada di gawai. Meski begitu, aplikasi password manager yang dibuat oleh pihak ketiga biasanya menawarkan keunggulan-keunggulan tertentu sehingga lebih nyaman dan mudah digunakan. 

Aplikasi password manager biasanya menyediakan layanan gratis dan berbayar. Tak perlu khawatir jika menggunakan yang gratis, dari segi keamanannya tetap terjamin. Hal itu karena setiap aplikasi yang memiliki opsi premium atau berbayar sudah melewati audit keamanan aplikasi. 

Berikut lima rekomendasi aplikasi password manager:

1. Lastpass

Lastpass bisa digunakan secara gratis di berbagai device, termasuk smartphone, tablet, juga PC. Aplikasi ini bisa menyimpan password dan informasi login, membuat password yang kuat, serta menyimpan informasi pribadi lainnya. 

Fitur lain yang tersedia antara lain auto-fill atau secara otomatis memasukkan password sehingga memudahkan login, browser ekstension, multi-factor authentication, dan lainnya. 

Tersedia pula layanan premium. Layanan berbayar ini menyediakan fasilitas 1GB encrypted file storage, menyimpan password dan file tanpa batas, dan akses darurat.

2. Dashlane

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan ialah memungkinkan untuk membagikan password terenkripsi dengan kontak darurat.

Layanan gratis Dashlane bisa digunakan di satu perangkat dan bisa menyimpan sampai 50 kata sandi. Sedangkan dengan layanan berbayar, pengguna bisa menyimpan password sebanyak-banyaknya tak terbatas. Pengguna juga bisa menyinkronkannya di semua perangkat yang digunakan.

3. 1Password

Aplikasi ini termasuk yang paling populer. Salah satu alasannya karena tampilannya yang menarik dan mudah digunakan. Aplikasi 1Password bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Fiturnya antara lain menyimpan data login, juga informasi lain seperti kartu kredit, dan secure notes. Aplikasi ini bisa dibuka dengan menggunakan fingerprint.

Sayangnya aplikasi ini bisa dinikmati dengan berlangganan yang bisa dibayarkan bulanan maupun tahunan. Pengguna bisa mencoba gratis selama 30 hari.

4. Keeper

Menyediakan layanan penyimpanan password unlimited alias tidak terbatas. Jadi, Mama bisa menyimpan password sebanyak yang dibutuhkan. Tersedia pula fitur auto-fill dan login dengan sidik jari.

Selain menyimpan password, Keeper juga bisa menyimpan file, foto, dan video dengan aman. Tersedia layanan gratis dan berbayar untuk keperluan bisnis juga untuk paket keluarga. 

5. Bitwarden

Aplikasi open source yang patut dicoba. Sebagai aplikasi open source, Bitwarden dinilai lebih mudah ditinjau keamanannya.

Sebagian besar layanannya bisa digunakan secara gratis. Fitur yang tersedia antara lain multi-factor authentication, password generator, secure notes, dan auto-fill.

Nah, Mama tinggal pilih mana aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan terasa nyaman saat menggunakannya. Ucapkan selamat tinggal pada: lupa password. Selamat mencoba! 


Posting Komentar

0 Komentar