[Tanya digitalMama] Berbagi WiFi dengan Tetangga, Apa Saja Resikonya?


Tanya

Halo digitalMama,

Sejak PJJ ini penggunaan internet cukup boros jadi saya berencana untuk langganan internet kabel. Ternyata tetangga sekitar juga berminat, jadi kami berniat untuk sharing WiFi supaya lebih hemat biaya. Kira-kira aman gak ya sharing seperti ini? Apa saja resiko yang perlu saya perhatikan?

Mama M di Malang




Jawab

Hai Mama M,

Perangkat-perangkat yang tergabung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama, berpeluang dapat saling mengakses secara lokal. Apabila para pengguna Wi-Fi tersebut dapat dipercaya, tidak ada masalah. Namun jika tidak, maka ada risiko pembobolan akses data/perangkat oleh pihak lain. 

Agar lebih aman dalam berbagi Wi-Fi, sangat penting memahami risiko-risiko keamanan dan memperhatikan pengaturan keamanan setiap perangkat seperti:

  • memastikan komunikasi menggunakan HTTPS (link diawali https:// alih-alih http://)
  • install program hanya dari sumber tepercaya
  • menghindari situs web berisikan konten ilegal
  • menggunakan layanan VPN tepercaya, dll.
Tujuannya agar data/perangkat kita tidak mudah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.  

Dampak sosial juga berpeluang terjadi akibat berbagi Wi-Fi. Jika berbagi langganan internet, maka kesepakatan akses menjadi tidak mudah. Misalnya, saat kita sedang dalam video conference yang penting tiba-tiba akses internet terputus-putus atau melambat. Ternyata, tetangga yang berbagi Wi-Fi dengan kita sedang intens streaming atau download video. Tentu hal tersebut berpeluang menyebabkan suasana yang tidak enak antartetangga. 

Kesimpulannya, selain mengatur keamanan perangkat masing-masing, kesepakatan dan komunikasi yang baik juga perlu dibangun antara semua pihak yang terlibat.

Semoga sukses!

Fariz Andri Bakhtiar, S.T., M.Kom.
Dosen Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Brawijaya




Punya pertanyaan seputar pengasuhan dan gaya hidup di era digital atau topik lain seputar literasi digital untuk kaum ibu, silakan hubungi kami via email di digitalmamaid[at]gmail[dot]com dengan subyek [Tanya digitalMama]!

Posting Komentar

0 Komentar