[Tanya digitalMama] Kapan anak sebaiknya diberi smartphone sendiri?

 



Tanya

Hai, digitalMama! 

Sebetulnya kapan ya usia yang tepat untuk memberikan smartphone sendiri untuk anak? Sebetulnya saya berencana baru memberikan gadget sendiri untuk anak kalau sudah SMP atau SMA. Tapi, karena anak-anak sekarang belajar online, jadinya saya memberikan smartphone lama saya untuk dipakai anak yang masih SD. Batasan apa saja yang perlu saya perhatikan, ya?

Mama X


Jawab

Halo, Mama X!

Hal pertama yang sebaiknya dipahamkan pada anak adalah gadget adalah barang milik orangtua. Kalau anak mau pakai gadget statusnya adalah pinjam milik orang tua. Sebelum memberikan gadget pada anak, kita perlu mengenali resikonya, salah satunya anak bisa mengalami kecanduan. 

Anak bisa memiliki sebagai gadget sebagai barang miliknya tentu kalau kapasitasnya dinyatakan cukup. Bagaimana mengukur kapasitasnya? Mungkin teori Perkembangan Kognitif Piaget bisa membantu memberi penjelasan agar bisa mengenalkan gadget sesuai usia. 

Berdasarkan teori Piaget, perkembangan kognitif anak mengikuti tahapan berikut ini:

1. Sensorimotor (0-2 th)

Anak membentuk pola-pola gagasan berdasarkan tindakan inderawi pada lingkungan di sekitarnya. 

2. Praoperasional (2-6 th)

Anak mulai berpikir secara intuitif. Di tahap ini juga muncul karakter egosentris yang kuat.

3. Operasional konkrit (7-11 th)

Anak mulai bisa memahami konsep, sebab akibat, namun masih terbatas pada benda yang konkrit atau nyata.

4. Operasional formal (11 th ke atas)

Anak mulai bisa berpikir abstrak, menalar, dan menarik kesimpulan.


Dari empat tahap di atas, hal-hal yang dipaparkan  oleh gadget kira-kira lebih cocok diterima anak di tahap yang mana?

Ya, betul sekali. Gadget sebetulnya lebih tepat digunakan ketika anak sudah mulai mampu berpikir abstrak dan logis. Usia 11 tahun bukan patokan, bisa maju, bisa mundur sesuai perkembangan individual anak.

Gadget boleh mulai dikenalkan sebelumnya, namun dengan batasan waktu dan konten yang ketat. Buat aturan yang tegas sebelum mulai mengenalkan gadget. Bersikaplah konsisten untuk membentuk kebiasaan memakai gadget yang sehat sejak awal.

Di tahap operasional formal pun bukan berarti anak bisa dilepas begitu saja, ya. Tetap buat kesepakatan dan dampingi anak untuk menggunakan gadget secara sehat dan aman.

Jadilah pengendali penggunaan gadget anak Anda.

Selamat berselancar di dunia digital bersama ananda!

Satiningsih, S.Psi., M.Si
Dosen Jurusan Psikologi 
FIP Universitas Negeri Surabaya


Punya pertanyaan seputar pengasuhan dan gaya hidup di era digital atau topik lain seputar literasi digital untuk kaum ibu, silakan hubungi kami via email di digitalmamaid[at]gmail[dot]com dengan subyek [Tanya digitalMama]!

Posting Komentar

0 Komentar