Rekomendasi Buku Parenting Era Digital, Saatnya Orang Tua Belajar!

Parenting era digital seakan menjadi momok sebagian orang tua yang merasa tidak punya  cukup ilmu untuk mendampingi anak-anak di sebuah era di mana kemajuan teknologi melaju begitu cepat seperti belum pernah terjadi sebelumnya. Jangan khawatir, saat ini sumber ilmu seputar parenting era digital bertebaran dan mudah ditemukan. Selain melalui media sosial dan berbagai kuliah online, Mama juga bisa mempelajari ilmu ini melalui media klasik: buku! Ya, berikut ini kami sajikan beberapa buku parenting era digital yang bisa Mama gunakan sebagai sarana edukasi diri. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Rekomendasi Buku Literasi Digital untuk Anak

Digital ParenThink: Tips Mengasuh Kids Zaman Now


Digital ParenThink



Penulis: Mona Ratuliu
Penerbit: Noura Publishing
Tahun terbit: 2018
Halaman: 22 halaman

Setelah lulus SD, Mima diizinkan untuk menggunakan smartphone milik Yanda. Dia bisa chatting, melakukan aktivitas di media sosial, bermain game, juga mendengarkan musik. Dampaknya? Mima mulai tidak suka berkegiatan selain aktivitasnya mengutak-atik smartphone. Drama di rumah kami pun bermula.

Di buku ini Mona Ratuliu berbagi pengalamannya dalam mengasuh anak-anak Generasi Net untuk menggunakan gadget, internet, dan media sosial dengan bijak. Ada bahasan tentang dampak negatif dan positif bermain gadget, pola pengasuhan, bagaimana mendidik generasi yang tangguh untuk menghadapi era digital, juga bagaimana orang tua bisa menemani anak untuk eksis di media sosial dengan aman. Selain kisah pribadi, tips dan trik, juga pendapat para pakar, di buku ini juga diceritakan pengalaman beberapa "kids zaman now"yang mampu menyalurkan bakat dan minat secara produktif dengan dan tanpa gadgetnya. 

Raising Children in Digital Era: Pola Asuh Efektif untuk Anak di Era Digital

Raising Children in Digital Era



Penulis: Elizabeth T. Santosa, M. Psi.
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit: 2015


... R sejak kecil suka sekali nonton YouTube. Bahkan, hal pertama yang dilakukannya saat pagi hari adalah menonton YouTube. R tidur hingga lewat tengah malam, dan aktivitas sebelum ia tidur adalah nonton YouTube (lagi) ...

Psikolog Elizabeth Santosa memadukan pendekatan teoritis dan praktis dalam membahas berbagai masalah anak di era digital antara lain yang terkait dengan televisi, musik, games, dan media sosial. Selain membahas dampak positif dan negatif setiap jenis media, diberikan pula aneka tips bagi orang tua untuk mendampingi anak menggunakannya. Dilengkapi ilustrasi kasus untuk setiap bahasan, ada pula bab seputar mengenali pola asuh, memahami peran orang tua, juga resep untuk menjadi keluarga bahagia di era digital.

Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital

Didiklah Anak Sesuai Zamannya


Penulis: Nyi Mas Diane Wulansari
Penerbit: Visimedia Pustaka
Tahun terbit: 2017

Ketika zaman berubah, tentu tantangannya pun berubah. Baik tantangan untuk bertahan hidup, bergaul, menuntut ilmu, cara berkomunikasi dengan anak, maupun tantangan-tantangan lainnya. Hal yang menjadi PR besar bagi kita sebagai orang tua adalah mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi zamannya, bukan zaman kita.

Buku ini dikemas dalam bentuk tanya jawab sehingga mampu memberikan jawaban yang ringkas bagi para orang tua untuk menjawab tantangan zaman. Ada beragam fenomena yang dibahas, mulai dari pengaruh gadget pada kesehatan anak, kapan waktu yang tepat untuk memberikan anak ponsel, etika di media sosial, pornografi, video games, privasi, hingga cybercrime

Media Moms and Digital Dads: Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital


Penulis: Yalda T. Uhls, MBA, Ph.D.
Penerbit: Metagraf
Tahun: 2015

Untuk pertama kalinya dalam sejarah peradaban manusia, media menjadi sarana paling lazim bagi anak untuk mempelajari norma-norma sosial dan budaya... Peran saya di sini bukanlah sebagai hakim. Saya adalah orang tua, psikolog, dan penulis. Saya berjuang, seperti halnya Anda, untuk menyesuaikan pengalaman dan pengetahuan saya selama hidup, dengan dunia tempat anak saya bertumbuh.

Yalda membantah mitos di sekitar media dengan mempelajari penelitian secara mendalam. Ia mengimbau agar para orang tua tidak mengkhawatirkan perubahan kondisi media, melainkan justru harus menghadapi kenyataan bagaimana anak-anak menjadi bagian dan terlibat di dalamnya. Buku ini membahas penggunaan layar untuk balita, media sosial untuk remaja, dan pemanfaatan teknologi sebagai sarana belajar.

Koleksi literasidigital.id



Di situs literasidigital.id bisa diunduh beberapa judul e-book seputar parenting era digital secara gratis. Beberapa judul di antaranya:
  • Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital (Dyna Herlina, dkk) - membahas tumbuh kembang anak, gaya pengasuhan, sifat media digital, prinsip pengasuhan digital, dan pola pengasuhan digital sesuai usia.
  • Yuk, Temani Anak Berinternet (Engelbertus W&Novi K) - membahas panduan mendampingi anak berinternet untuk kategori usia 2-5 tahun serta 6-12 tahun.
  • Video Game: Kenali, Pelajari, dan Sikapi (M Iqbal T) - membahas tren video games, sistem rating, dan parental control

Adakah buku lain yang menjadi rujukan Mama seputar parenting era digital? Bagikan di kolom komentar di bawah ini, ya!

Posting Komentar

0 Komentar