Belajar Keamanan Digital dengan Game Interland

Game tak selamanya berdampak negatif bagi anak. Game justru bisa menjadi alat belajar yang menyenangkan. Melalui game, anak bisa mengenal konsep baru dengan cara yang seru. Cara ini dipakai oleh Google untuk mengajarkan kurikulum Tangkas Berinternet atau Be Internet Awesome. Bersama mitranya, Google membuat Interland, sebuah game untuk membantu anak memahami keamanan digital dan kewargaan digital (digital citizenship).

Game yang bisa dimainkan di browser ini mengenalkan pelajaran-pelajaran pokok dari keamanan digital. Game ini dirancang untuk anak berusia 8-11 tahun.   

Anak diajak berpetualang ke empat dunia yang merupakan representasi dari prinsip dasar Tangkas Berinternet, yaitu Kerajaan Kebaikan, Sungai Kebenaran, Gunung Hati-Hati, dan Menara Harta Karun. Setiap dunia mempunyai misi yang berbeda.

Kerajaan Kebaikan

Anak diajak memahami bahwa di internet segala jenis energi bersifat menular, baik yang positif maupun negatif. 

Internaut (tokoh dalam Interland) harus menyelesaikan misi untuk menaklukkan agresor yang mengamuk dan menyebarkan keburukan. Internaut harus memblokir dan melaporkan agresor untuk menghentikan kejahatan mereka. Selain itu, internaut harus bersikap baik kepada internaut lainnya untuk mengembalikan kedamaian.

Istilah yang diperkenalkan:

Agresor: orang yang mengganggu atau melakukan perundungan, sering disebut dengan "bully".

Blokir: mengakhiri semua interaksi dengan orang lain di dunia maya, mencegah mereka mengakses profil kita, mengirim pesan, melihat unggahan kita dan lainnya tanpa sepengetahuan mereka. 

Report: menggunakan tools online di sosial media atau sistem pelaporan kekerasan, bullying, ancaman, dan konten berbahaya yang melanggar aturan dari penyedia layanan atau standar komunitas.

Sungai Kebenaran

Di sini, anak diajak memahami bahwa tidak semua yang dilihat di internet mengandung kebenaran. Apa yang terlihat bisa jadi tidak sama dengan yang terjadi sebenarnya. 

Internaut harus menyeberangi sungai yang berisi informasi yang benar dan bohong. Internaut harus menyeberang dengan menghubungkan setiap pijakan. 

Game ini mengharuskan Internaut menjawab setiap pertanyaan dengan benar. Internaut bisa memilih satu dari tiga jawaban yang tersedia dalam pijakan. Jika salah menjawab, pijakan akan hancur dan Internaut akan tercebur ke sungai.

Istilah yang diperkenalkan: 

Scam: Upaya penipuan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial

Phising: terjadi ketika seseorang berupaya untuk mendapatkan informasi pribadi dengan cara melakukan penipuan. Phishing dapat dilakukan melalui email palsu yang meminta akun dan password kita, iklan, maupun situs palsu yang dibuat menyerupai situs yang biasa kita kunjungi.

Gunung Hati-Hati

Anak diajak untuk memahami tentang pentingnya menjaga informasi pribadi dan kepada siapa mereka bisa membaginya.

Internaut harus menyelesaiakan misi dengan memantulkan cahaya ke cermin agar terpantul ke orang yang tepat. Jika tidak tepat sasaran, artiya rahasia Internaut telah bocor.

Istilah yang diperkenalkan:

Informasi pribadi: informasi yang mengidentifikasi seseorang secara spesifik. Contohnya nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telefon, alamat email, dan lain sebagainya. Informasi pribadi ada yang bersifat privat dan publik. 

Oversharing: terlalu banyak membagi informasi pribadi ke internet, baik terkait diri sendiri mauupun situasi yang sedang dihadapi.

Menara Harta Karun

Di sini, anak belajar untuk mengamankan informasi pribadinya. Seperti permainan Temple Run, Internaut harus berlari mengumpulkan pesan pribadi, email, dan kontak untuk kemudian disimpan di menara. Agar terlindungi dari peretas, Internaut harus membuat password yang aman. Semakin kuat kata sandi, maka benteng yang dibuat akan semakin kokoh dan tidak bisa ditembus oleh hacker.

Istilah yang diperkenalkan:

Password: kombinasi rahasia antara huruf, angka, dan simbol yang digunakan untuk mengakses sesuatu. 

Strong password: kombinasi password yang kuat sehingga tidak mudah untuk ditebak, semakin panjang semakin baik, mengandung huruf besar, kecil, angka dan simbol.

Hackers atau peretas: seseorang yang menggunakan komputer yang berusaha mendapatkan akses secara tidak sah atas perangkat atau data orang lain.

Interland hadir dalam warna-warni yang cerah disertai dengan musik untuk membangun situasi petualangan yang menarik. Di setiap akhir misi, Internaut harus lulus uji untuk menyelesaikan permainan. Serunya lagi, setelah berhasil menyelesaikan petualangan di satu dunia, tidak hanya skor yang didapat. Ada sertifikat yang bisa diunduh dan dicetak dengan nama pemain di atasnya. 

Mama bisa mencoba Interland dulu sebelum bermain bersama anak. Selain supaya Mama bisa menguasai permainan, Mama bisa mencari tahu dulu informasi apa saja yang ada di game ini. Sehingga Mama bisa menemukan bahan obrolan yang pas dengan anak saat memainkannya bersama anak. Selamat bermain bersama, Mama! 

Posting Komentar

0 Komentar