Koneksi Internet Lambat, Kenali Penyebab dan Solusinya!




Sedang asyik video call dengan keluarga, tiba-tiba internet melambat dan sambungan terputus-putus. Sebal pasti, ya! Koneksi internet yang lambat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Kami berbincang dengan Fariz Andri Bakhtiar, S.T, M. Kom., dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya seputar mengenali penyebab internet lambat dan cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya. 

1. Cuaca buruk

Hujan deras dapat mempengaruhi kualitas koneksi internet jika kita menggunakan internet seluler. 

Solusi
Bersabar dulu menunggu hingga hujan mereda atau gunakan koneksi lain seperti menggunakan Wi-Fi terdekat.

2. Terlalu banyak perangkat mengakses internet secara bersamaan

Terlalu banyak perangkat yang mengakses internet secara bersamaan bisa menyebabkan koneksi melambat. Hal ini bisa terjadi pada internet seluler maupun Wi-Fi. Di jaringan seluler, ada waktu-waktu sibuk seperti malam minggu atau hari raya ketika banyak orang menggunakan internet secara bersamaan sehingga koneksi kemudian menjadi lambat.

Solusi
Jika menggunakan Wi-Fi, sebaiknya Mama berkomunikasi dengan pengguna yang lain untuk menjadwalkan penggunaan internet yang lebih nyaman untuk semua pihak. Harus ada pengguna yang mengalah di satu waktu agar internet tidak lambat. Jika ternyata semua pengguna memiliki kebutuhan internet yang tinggi secara bersamaan, mungkin sudah saatnya berlangganan paket dengan bandwidth internet yang lebih tinggi.

Jika menggunakan internet seluler, satu-satunya cara adalah menunggu waktu yang lebih sepi untuk menggunakan internet.

3. Jenis data yang diakses membutuhkan bandwidth tinggi

Video yang beresolusi tinggi dan/atau bersifat real-time membutuhkan bandwidth yang tinggi. Jika bandwidth yang dimiliki tidak besar, hal ini bisa memperlambat akses internet pengguna lain di rumah.

Solusi
Pilih paket internet dengan bandwidth yang mendukung pengaksesan konten video, atau bersepakat dengan sesama pengguna mengenai jadwal penggunaan internet untuk video real-time.

4. Gangguan pada situs web yang sedang diakses

Terkadang internet yang lambat terjadi bukan dari sisi kita sebagai pengguna, melainkan karena terjadi gangguan pada server situs web atau aplikasi yang sedang kita akses.

Solusi: 
Coba cek akses ke situs web lain, apakah juga bermasalah atau tidak. Jika semua juga lambat dibuka, berarti koneksi internet kita yang memang sedang lambat.

5.  Sinyal melemah

Posisi menentukan prestasi!

Solusi: 
Jika kita sedang menggunakan Wi-Fi dan sinyalnya melemah, bisa jadi hal ini terjadi karena posisi kita berada. Pastikan perangkat berada dalam jarak yang tidak terlalu jauh dari antena Wireless Router, dan posisinya tidak terhalang oleh dinding, lemari, dll. 

Hal yang sama juga bisa terjadi ketika kita menggunakan internet seluler. Ketika kita berada di ruang berdinding tebal dan tertutup seperti parkiran atau terowongan, juga di area terpencil yang jauh dari pusat kota, bisa jadi lokasi ini tidak terjangkau sinyal. Jika ini terjadi, sabar dulu hingga kita berada di lokasi yang lebih baik jangkauan sinyalnya.

6. Gangguan kabel, modem, antena, atau jaringan antara Internet Service Provider (ISP) dan pelanggan.

Internet yang lambat bisa juga terjadi karena gangguan pada peralatan dan jaringan yang digunakan untuk menyediakan internet di rumah. 

Solusi: 
Hubungi layanan pelanggan ISP dan sampaikan keluhan kita. Ada kalanya ISP juga sedang melakukan perbaikan sehingga terjadi gangguan pada jaringan yang kita gunakan.

7. Sudah lewat batas pemakaian

Ada beragam jenis paket internet yang ditawarkan ISP, antara lain paket dengan batas kuota dan paket "unlimited". 

Jika menggunakan paket berkuota, setelah batas kuota terlampaui, biaya koneksi internet akan memotong pulsa utama dan terkadang internet akan melambat karena koneksi dialihkan ke jaringan lain yang lebih lambat (misalnya selain 4G).

Bagaimana dengan paket "unlimited" atau "tanpa batas"? Apakah hal ini berarti tidak ada batasan sama sekali untuk mengakses internet? Fariz menyatakan "there is no such thing such as unlimited" karena provider pun memiliki kapasitas bandwidth yang terbatas. Istilah ini adalah jargon marketing karena paket internet yang ditawarkan sebagai "unlimited" biasanya masih memiliki salah satu atau kombinasi dari beberapa batasan berikut ini:
  • Batas kuota dan kecepatan yang tertuang dalam FUP (Fair Usage Policy), yaitu kebijakan atas batas pemakaian wajar yang diberlakukan oleh tiap-tiap provider. Setelah kuota batas pemakaian wajar terlampaui, internet masih bisa digunakan hingga akhir masa pemakaian tetapi dengan kecepatan yang lambat. 
  • Batasan waktu, paket ditawarkan tanpa batas kuota atau kecepatan, namun masa aktifnya singkat dalam hitungan hari saja.
  • Batasan aplikasi, paket hanya berlaku untuk beberapa aplikasi saja seperti khusus Facebook atau YouTube.

Solusi
Jangan lupa untuk rutin memeriksa sisa kuota dan batas waktu pemakaian dan segera membeli paket yang baru sebelum habis agar tetap bisa menggunakan kecepatan utama. Teliti juga ketika menggunakan paket unlimited agar memahami batas apa saja yang diberlakukan.


Semoga tips di atas bisa membantu Mama ketika internet tiba-tiba jadi lambat, ya!  



Posting Komentar

0 Komentar