Belajar Asyik Tentang Ilmu Komputer Bersama Love Letters for Computers



Ilmu komputer tak hanya seputar coding. Ada banyak hal lain yang bisa dipelajari anak seputar komputer dan pernak-perniknya. Jika platform untuk belajar coding sudah bertebaran di internet, bagaimana dengan belajar ilmu komputer? Kali ini, digitalMamaID akan memperkenalkan Love Letters for Computers, sebuah kumpulan sumber belajar seputar ilmu komputer untuk diajarkan kepada anak terutama di usia TK dan SD. LLC dirancang oleh Linda Liukas yang juga merupakan penulis dan ilustrator Hello Ruby, seri buku anak yang memperkenalkan komputer, komputasi, dan pemrograman dengan metode yang ramah anak. 

Love Letters for Computers menggunakan filosofi yang sama dengan Hello Ruby, yaitu memperkenalkan dunia komputer secara unplugged (tanpa gawai), kreatif, dan menyenangkan. Aktivitas yang dikenalkan sebagian besar hanya menggunakan bolpoin, kertas, gunting, playdough, dan perlengkapan crafting lainnya.

.

Topik Seputar Computer Science




Love Letters for Computers memperkenalkan sepuluh topik utama seputar computer science, yaitu:

  1. Ilmu komputer (computer science), mengenal ilmu komputer sebagai sebuah disiplin keilmuan. Anak diajak untuk mengembangkan rasa ingin tahu (curiousity) seputar komputer, mengenal komputer sebagai alat untuk membantu aneka pekerjaan sehari-hari, juga membayangkan apa saja yang dilakukan oleh seorang computer scientist. 
  2. Computational thinking, mengenal dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan algoritma, serta bagaimana konsep tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 
  3. Kode, di sini anak tidak akan diajak mempelajari bahasa pemrograman tertentu melainkan mengenal konsep sekuens, repetisi, dan seleksi.
  4. Data dan algoritma, mengenal bagaimana beberapa algoritma seperti sorting (mengurutkan) dan searching (pencarian) bekerja dan bagaimana data diproses di dalam komputer.
  5. Scratch, mengenal platform Scratch dan ScratchJr untuk mulai berkenalan dengan aktivitas coding. 
  6. Hardware, mengenal beberapa komponen komputer seperti RAM, ROM, CPU, GPU dan bagaimana mereka bekerja.
  7. Sistem komputer, mengenal berbagai bentuk komputer di sekitar anak, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.
  8. Jaringan, mempelajari bagaimana komputer berbicara satu sama lain, termasuk seputar bagaimana internet bekerja.
  9. Machine learning dan artificial intelligence (AI), mempelajari bagaimana kedua keilmuan tersebut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk mengenal bagaimana robot bekerja.
  10. Keragaman dan kesetaraan, membantu anak berimajinasi seputar bagaimana ilmu komputer akan membantu mereka di masa depan, apa pun pekerjaan yang mereka pilih.

Untuk Berbagai Usia

Belajar tentang komputer yang dibutuhkan aneka profesi
Belajar tentang penggunaan komputer dalam aneka profesi



Love Letters for Computers disusun dengan mempertimbangkan tahapan belajar sesuai usia. Sebagai contoh, ketika mempelajari seputar ilmu komputer, diberikan panduan bagi pengajar untuk menggunakan aktivitas yang berbeda sesuai kelompok usia:
  • 2-6 tahun, mendiskusikan berbagai profesi dan untuk apa saja komputer digunakan 
  • 6-8 tahun, mendiskusikan apa saja yang diketahui anak tentang komputer dan problem apa saja yang bisa diselesaikan dengan komputer
  • 8+ tahun, mendiskusikan ilmu komputer yang dapat diamaati anak dalam kehidupan sehari-hari


Materi yang Menyenangkan




Di situs Love Letters for Computers tersedia berbagai jenis materi yang dapat digunakan anak untuk belajar. Semua dirancang dengan warna-warni yang cerah untuk mengemas pelajaran menjadi hal yang menyenangkan.
  • Video berdurasi singkat (1-2 menit) yang menampilkan Linda Liukas memberikan penjelasan singkat dan mendemonstrasikan aktivitas belajar yang bisa dilakukan anak.
  • Jurnal untuk anak (Student Passport) dan jurnal untuk pengajar (Teacher Journal). Jurnal berisi kumpulan aktivitas untuk dilakukan, lembar refleksi, dan lencana penghargaan.
  • Kumpulan materi eksternal yang menunjang pembelajaran setiap topik termasuk Khan AcademyBarefoot Computing, dan berbagai sumber lainnya.


Kumpulan materi yang ada di Love Letters for Computers ini bisa diakses secara gratis, juga boleh dimodifikasi dan dibagikan untuk kepentingan non-komersial. Sumber ini sangat berguna untuk orang tua maupun guru untuk mengenalkan ilmu komputer kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar