Rekomendasi Buku Anak Seputar Mengelola Emosi



Kecerdasan emosional (emotional intelligence) merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan menerima emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya, serta untuk mengelola emosi dengan baik saat harus beradaptasi dan berusaha mencapai tujuan. Mengelola emosi bagi orang dewasa bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi anak-anak yang masih belajar mengenali apa yang dirasakannya ketika menghadapi berbagai situasi. 

Orang tua dapat membantu anak mengelola emosinya sejak dini karena kecerdasan emosional merupakan salah satu bekal penting bagi kesuksesan anak di masa depan. Selain berkomunikasi secara rutin dengan anak tentang perasaannya, orang tua juga bisa membantu anak mengembangkan kecerdasan emosional melalui buku-buku bacaan seputar mengelola emosi.

Berikut ini beberapa buku seputar mengelola emosi untuk anak yang bisa Mama sediakan di perpustakaan rumah sebagai bekal mendampingi anak mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

Aku Cerdas Mengelola Emosi


Penulis: Watiek Ideo dan Fitri Restiana
Penerbit: BIP
Tahun terbit: 2016
Halaman: 148

"Tahukah kamu bahwa marah, sedih, kecewa, dan takut adalah beberapa contoh dari emosi? Dan, jika kamu amati, emosi-emosi ini sering keluar begitu saja tanpa bisa kamu kendalikan, bahkan sampai menyakiti orang-orang tersayangmu tanpa kamu sadari. Nah, sebelum emosi-emosi ini membuat orang-orang tersayang menjauhimu, yuk kenali mereka dengan baik agar kamu bisa mengendalikannya dan menumpahkannya di waktu serta tempat yang tepat."

Buku ini terdiri dari sepuluh cerita bergambar yang berkisah seputar anak-anak yang mengalami beragam emosi, bagaimana mereka menghadapinya, juga dampak apa yang ditimbulkan oleh tindakan mereka pada diri sendiri dan sekitar. Ada kisah seputar Sisi yang mengunci diri dalam kamar karena marah tidak mendapatkan roti yang diinginkan, Canti yang kecewa karena tidak menang lomba busana, Aruna yang takut pergi ke dokter gigi, hingga Ziyan yang bersedih kehilangan ayahnya karena kecelakaan.

Seni Mengelola Emosi untuk Anak

seni mengelola emosi untuk anak

Penulis: Jennifer Moore-Malinos & Gustavo Mazali
Penerbit: BIP
Tahun terbit: 2020
Halaman: 98


"Apakah kamu tahu, ada banyak emosi berbeda yang kita rasakan setiap hari? Ada emosi yang baik seperti bahagia, berani, dan merasa dicintai. Namun, ada juga emosi yang kurang baik seperti marah, frustrasi dan kecewa. Kita perlu memahami emosi kita supaya bisa bersosialisasi dengan baik. Yuk, kita cari tahu pengertian dari masing-masing emosi, dan bagaimana kita bisa mengendalikannya!"

Buku ini membahas 44 jenis emosi mulai dari senang, malas, cemas, malu, kesepian, hingga marah, melalui berbagai skenario yang mungkin dialami anak dalam kehidupannya. Setiap emosi dibahas dalam dua halaman dengan ilustrasi yang menarik. Selain menunjukkan contoh situasi yang menunjukkan emosi tertentu, pembaca juga didorong untuk melakukan refleksi atas pengalaman mereka sendiri. Buku ini bisa digunakan sebagai toolbox untuk mengenali dan mengekspresikan emosi bagi anak.

Seri Mengelola Emosi

seri mengelola emosi

Penulis: Dian Kristiani
Penerbit: M&C
Tahun terbit: 2020
Halaman: setiap buku 32 halaman

"Semua orang pernah marah. Siapa pun boleh marah, kok. Marah itu tidak salah. Namun, apakah kamu akan terus-terusan marah? Apa yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa marahmu? Seri Mengelola Emosi mengajarkan anak mengelola emosinya dengan sehat!"

Seri ini terdiri dari lima buku yang masing-masing menceritakan seorang anak yang sedang mengalami salah satu emosi yaitu takut, marah, jijik, sedih, dan senang. Ada Galih yang sedih karena guru yang disukainya harus pindah ke luar kota, Puput yang takut ke kamar mandi sendirian malam-malam, juga ada Sarah yang marah karena celengan kesayangannya pecah. Setiap kisah mengilustrasikan perasaan dan kondisi fisik yang menandakan emosi yang sedang dialami anak, juga bagaimana akhirnya anak mengelola emosinya.

Seri Pengembangan Emosi

Seri Pengembangan Emosi

Penulis: Watiek Ideo, Nouf Zahrah A.
Penerbit: Erlangga for Kids
Halaman: setiap buku 32 halaman

"Kami sekeluarga akan pindah rumah. Aku akan meninggalkan sekolah dan teman-temanku di sini. Aku merasa takut. Apakah teman-teman baruku baik? Apakah di tempat baru menyenangkan?"

Seri ini membahas aneka situasi sulit yang mungkin dihadapi anak, mulai dari kepindahan, orang tua yang kehilangan pekerjaan, juga ketika anak memiliki adik baru. Selain cerita bergambar, di buku ini juga terdapat pesan dari psikolog, baik untuk orang tua maupun untuk anak, seputar cara menghadapi situasi yang sedang dialami.

Seri Cerdas Mengelola Emosi

Seri Cerdas Mengelola Emosi


Penulis: Rei El Tsurayya, dkk.
Penerbit: Bestari
Halaman: setiap buku 24 halaman

"Bimo asyik bermain di sekolah. Tapi, Bimo tidak mau berbagi mainan bersama teman-temannya. Setiap ada teman yang mendekat, Bimo memukul temannya itu. Akhirnya Bimo main sendiri hingga ia terjatuh. Tidak ada teman yang mau mendekati Bimo. Mereka pasti takut dipukul Bimo. Lama-lama Bimo bosan main sendiri. Apa yang dilakukan Bimo selanjutnya ya?"

Di seri ini dibahas beberapa perilaku anak yang kurang tepat dalam mengekspresikan emosinya seperti marah-marah, merajuk, memukul, atau berteriak-teriak. Kisah yang diceritakan menggambarkan apa saja dampak perilaku anak tersebut terhadap orang lain dan dirinya sendiri sehingga anak akan memahami bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengekspresikan emosinya. Di akhir buku terdapat pula informasi tambahan untuk orang tua agar mampu mendampingi anak mengelola emosi.


Buku seputar mengelola emosi dapat membantu anak mengidentifikasi dan memberi label atas emosi yang dirasakannya, juga menunjukkan bagaimana mengekspresikan dan mengelola emosi dengan tepat sehingga tidak malah menimbulkan dampak yang buruk bagi diri dan lingkungan sekitarnya. Selamat membaca bersama si kecil!

Posting Komentar

0 Komentar