10 Aplikasi untuk Bantu Kelola Bisnis Online

aplikasi bantu bisnis online

Memulai bisnis online kini semakin mudah karena ada banyak alat bantunya. Mulai dari soal manajerial, finansial, dan desain, semua ada aplikasinya. 

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Mama gunakan gratis:

1. Aplikasi management project

Aplikasi ini penting untuk mengatasi situasi "so little time, so much to do". Seringkali pada waktu yang bersamaan banyak sekali yang harus dikerjakan. Mama bisa menggunakan aplikasi ini agar tidak ada hal penting yang terlupakan.

Notion

Aplikasi ini bisa menjadi alat penting untuk mempermudah pekerjaan. Aplikasi bermanfaat untuk mencatat apa saja yang perlu dimasukkan dalam "to do list" dan bagaimana perkembangannya. 

Mama juga bisa mencatat semua ide-ide yang muncul agar tidak lupa lalu menguap begitu saja.


Aplikasi ini bisa dipakai untuk pribadi juga tim. Update tiap pekerjaan bisa dibaca oleh anggota tim. Pengguna juga bisa memention anggota tim lain, jadi bisa mengurangi "miskom" dengan anggota tim lain.

Google Keep

Aplikasi ini berfungsi sebagai buku catatan digital. Tidak hanya pencatat, aplikasi ini juga bisa menjadi pengingat. Aplikasi ini bisa mengingatkan pengguna berdasarkan waktu dan lokasi. 

Catatan yang dibuat dengan Google Keep bisa dibagi ke pengguna lain atau dikirim ke aplikasi lain. Orang lain jadi bisa mengedit pada catatan tersebut.

Aplikasi ini bisa terhubung dengan akun Google dan bisa dilihat di PC.

2. Aplikasi keuangan

Mama tidak harus jago akuntansi untuk mengurus keuangan bisnis yang sedang dijalankan. Ada aplikasi keuangan yang bisa membantu Mama untuk mencatat aktivitas keuangan. Mama jadi bisa terus memantau kondisi keuangan usaha dan segera mendeteksi kalau ada yang tidak beres.

Money Lover

Pengguna bisa mencatat semua pengeluaran dan pendapatan harian dan memasukkannya dalam kategori-kategori yang sesuai.

Pengguna bisa membuat anggaran keuangan untuk memudahkan perencanaan keuangan. Aplikasi ini akan membantu pengguna menganalisa cash flow pada bisnis yang sedang dijalankan.

Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone, tablet, dan PC. 

Teman Bisnis

Selain mencatat pemasukan dan pengeluaran, aplikasi ini bisa memantau perubahan laba rugi bisnis Mama. Aplikasi ini membantu pengusaha baru atau pelaku UMKM untuk membuat laporan keuangan yang mudah dipahami dan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Aplikasi ini juga bisa mencatat utang piutang, nama pemasok barang, nama pelanggan, dan stok barang.

3. Aplikasi desain

Desain sekarang menjadi elemen penting dalam memasarkan produk. Desain yang menarik akan membuat orang tertarik mencoba produk yang ditawarkan. Mulai dari membuat logo sampai membuat materi promosi bisa dibuat dengan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba untuk membantu membuat desain yang menarik.

Canva

Ini salah satu aplikasi desain yang paling populer saat ini. Cara menggunakannya mudah, pilihan desainnya pun sangat banyak dengan format yang sudah disesuaikan dengan penggunaannya. Pengguna tinggal memilih template yang tersedia untuk Instagram post, Instagram story, Facebook, poster, dan lainnya. Desain menarik bisa dibuat dengan "drag and drop".

Pablo

Aplikasi ini sesederhana Canva. Pengguna bisa memilih template dan dimensi sesuai kebutuhan. Gambar dan logo usaha bisa dimasukkan dengan mudah di sini. Aplikasi ini untuk pengguna yang lebih nyaman membuat desain dari PC atau laptop. 

4. Aplikasi photo editor

Foto adalah kunci di bisnis online. Makanan jadi tampak menggiurkan. Keunikan dan keunggulan produk jadi terlihat menonjol dari foto. Mama bisa gunakan aplikasi photo editor agar foto yang ditampilkan lebih keren tanpa alat fotografi yang rumit dan mahal.

Snapseed

Aplikasi pengolah foto ini disediakan gratis oleh Google. Memiliki aplikasi yang lengkap, mulai dari pengaturan cahaya, kontras, saturasi, pilihan filter yang beragam, juga bisa menambahkan teks.

Foto bisa diedit dengan mudah tanpa merusak file aslinya. Tetapi aplikasi ini tidak bisa menyimpan otomatis. Jadi jangan lupa menyimpan hasil edit foto sebelum keluar dari aplikasi ya!

VSCO

Aplikasi ini juga sedang jadi favorit karena hasil editnya menimbulkan kesan yang dramatis. Selain fitur dasar, juga menyediakan lebih dari 200 preset yang bisa diaplikasikan ke foto. Tapi tidak semua presetnya gratis. Pilihan preset lebih banyak jika mengunakan versi berbayar. Tone warna yang disediakan membuat foto jadi lebih indah. 

5. Aplikasi video editor

Konten video saat ini sedang naik daun. Audio visual menjadi media promosi yang jitu. Jangan khawatir, ada aplikasi yang bisa membantu membuat konten promosi video dengan mudah.

Inshot

Aplikasi ini tidak hanya untuk mengedit video, tetapi juga mengedit foto dan membuat kolase foto. Pengguna bisa menambahkan filter dan teks pada video atau foto produknya.

KineMaster

Aplikasi video editor ini disukai oleh para pemula. Salah satunya karena aplikasi ini menyediakan Project Assistant yang memberi panduan saat mengedit sehingga bisa lebih memudahkan. Menyediakan tools yang lengkap, bahkan tersedia pula efek khusus. Bisa digunakan baik di Android maupun iOS.

Selain aplikasi yang disebutkan di sini, masih banyak aplikasi gratis menarik lain yang bisa Mama gunakan. Semoga aplikasi ini menjawab persoalan yang Mama hadapi dan bisa segera memulai bisnis online


Posting Komentar

0 Komentar