Belajar Bisnis dari Film dan Serial Ini, Yuk!

belajar bisnis dari film dan serial

Ada banyak cara untuk belajar bisnis, salah satunya dari menonton film atau serial. Tontonan yang menginspirasi mampu menghidupkan semangat untuk terus maju. Ini tidak hanya berlaku bagi pengusaha baru, lho. Pengusaha kawakan juga menjadikan film sebagai mood booster. 

Salah satu orang terkaya di dunia, pendiri Alibaba Group Jack Ma menonton Forrest Gump lebih dari 10 kali. Baginya, Forrest adalah pahlawan. Setiap ia frustasi menangani bisnisnya, ia menonton ulang film itu untuk membangkitkan semangatnya.

digitalMamaID bertanya kepada beberapa pelaku usaha, apa sih film atau serial favorit yang menginspirasi dan ampuh untuk membangkitkan semangat mereka? Ini jawabannya!

Itaewon Class (2020)

Drama Korea ini menjadi pilihan Aida Setyawan yang mendirikan dan memimpin Kitchen Point Surabaya. Drama ini mengajarkan kegigihan Park Saeroyi membangun dan mengembangkan Dan Dam. Park Saeroyi mengajarkan tentang pentingnya membangun teamwork yang kuat. Juga pentingnya mempunyai role model. Park Saeroyi mempelajari betul Jangga Group, perusahaan pesaing yang ingin ia lampaui. 

"Bisnis itu bukan hanya soal uang, tetapi juga tentang manusia," demikian pesan penting Park Saeroyi yang selalu diingat Aida.

Start Up (2020)

Drama Korea yang sedang tayang ini menjadi pilihan Endah Asih Lestari yang merupakan founder Riang Gembira the Project. Drama ini bercerita tentang perjuangan Seo Dal Mi dan Nam Do San dibantu oleh Han Ji Pyeong membangun usaha rintisan. Bagi Endah, drama ini mengingatkan beratnya peran CEO (Chief Executive Officer) sampai bisa disebut Chief of Everything Officer. 

"Berbisnis itu sulit. Kau akan dipanggil CEO jika berhasil, atau dipanggil penipu jika gagal," kata CEO Sand Box, Yoon Sun Hak dalam salah satu scene Start Up.

Pursuit of Happyness (2006)

Film ini menjadi pilihan founder Helopopy, Isma Savitri. Film ini bercerita tentang titik balik Chris Gardner dari salesman gagal menjadi pialang saham yang sukses. Bagi Isma, film ini mengajarkan untuk mengejar impian sampai dapat. Film ini selalu mengingatkan pada mimpi para founder Helopopy untuk bisa bebas kapan saja bisa jalan-jalan ke Korea Selatan dan punya pegawai sendiri. 

“The world is your oyster. It’s up to you to find the pearls,” kata Chris Gardner.

Forrest Gump (1994)

Bukan hanya Jack Ma yang mencintai Forrest Gump yangdiperankan oleh Tom Hanks. Konsultan manajemen dan CEO Cangcorang Publisher Herlyanti juga mengagumi sosok Forrest Gump. Forrest mengajarkan untuk selalu bersahaja, mempercayai cinta sejati, dan melakukan hal yang paling dikuasai. Meski dianggap sebagai orang yang memiliki banyak kekurangan fisik, Forrest akhirnya berhasil menjadi miliarder berkat kepemilikan sahamnya di Apple.

"Run, Forrest! Run!," kata Jenny Curran yang melegenda.

Adakah salah satu film atau serial ini favorit Mama juga? Semoga bisa menjadi pembangkit semangat dan mengakhiri kebingungan Mama yang berniat memulai bisnis sendiri

Posting Komentar

0 Komentar