Tips Merapikan Layar dan Aplikasi Gadget


Ada jutaan aplikasi yang saat ini tersedia untuk didownload di Google Play Store atau Apple's App Store. Pernahkah Mama mencoba menghitung ada berapa yang sudah kita install di gadget? Dan dari sekian yang terpasang, berapakah yang benar-benar kita gunakan? Aplikasi dan gadget sesungguhnya dirancang agar pekerjaan kita sehari-hari bisa berjalan lebih produktif dan efisien. Namun, seringkali aplikasi yang kurang tertata di layar gadget bisa menyebabkan pekerjaan kita malah terhambat. Berikut ini beberapa tips merapikan layar dan aplikasi gadget yang bisa Mama coba!

1. Hapus yang tidak perlu

Terkadang kita menginstall suatu apps karena ingin mencobanya dan kemudian melupakannya selama berbulan-bulan karena kita ternyata tidak memerlukannya. Membiarkan aplikasi yang tak terpakai bisa memakan ruang penyimpanan di gadget, mengumpulkan data tanpa kita sadari, dan bisa juga menghabiskan baterai jika berjalan di background.

Bagaimana cara mengetahui mana saja aplikasi yang perlu kita hapus?
  • buka layar aplikasi dan periksa satu persatu, mana yang tidak pernah kita pakai, mana yang tidak sparks joy
  • memeriksa aplikasi mana yang sudah lama tidak kita gunakan 
    Mengurutkan aplikasi di Google Play sesuai tanggal bisa membantu memfilter aplikasi yang perlu dihapus

2. Setel wallpaper

Pasang wallpaper sebagai background yang membuat kita senang atau terinspirasi setiap kali melihatnya. Background yang simpel lebih baik digunakan agar ikon aplikasi terlihat dengan lebih jelas. Banyak situs menyediakan wallpaper secara gratis seperti Pixabay, Pexels, atau Unsplash.  

Sesuaikan dengan gaya dan pilihan masing-masing

3. Isi favorites tray dan homescreen

Favorites tray adalah baris paling bawah yang akan selalu terlihat dari layar mana pun. Isi baris ini dengan aplikasi yang paling sering kita gunakan sehari-hari.

Isi baris terbawah dengan aplikasi favorit

Selanjutnya, pasang aplikasi favorit sisanya di homescreen untuk memudahkan akses. Batasi jumlah screen pada gadget, usahakan maksimal dua screen saja.

4. Gunakan folder

Menggunakan folder untuk merapikan aplikasi akan menghemat tempat di layar gadget dan membuat aplikasi lebih mudah ditemukan. Ada beberapa variasi merapikan aplikasi dengan folder, di antaranya:
  • Berdasarkan fungsi - kelompokkan aplikasi dengan fungsi yang serupa dalam satu folder dan beri nama yang sesuai seperti "Kesehatan", "Media Sosial", "Fotografi", dan sebagainya.
  • Berdasarkan abjad - kelompokkan aplikasi berdasar abjad awal namanya misalnya folder "A-C", "D-F", dan seterusnya.
  • Berdasarkan warna - kelompokkan aplikasi yang warna ikonnya senada dalam satu folder.
Pengaturan aplikasi berdasar warna, via @thehomeedit

5. Sesuaikan urutan

Dalam setiap folder, tempatkan aplikasi yang paling sering dipakai di paling atas. Sebaliknya, gunakan aplikasi yang jarang dipakai di bawah. 

Selain berdasarkan frekuensi, kita juga bisa menempatkan aplikasi yang sering kita buka secara impulsif seperti media sosial di tempat yang tersembunyi. Out of sight, out of mind.

6. Gunakan widgets

Widgets adalah tampilan aplikasi mini yang juga merupakan shortcut ke aplikasi yang bersangkutan. Menambahkan widgets ke layar untuk beberapa aplikasi yang sering digunakan bisa mempercepat pekerjaan kita.

Contoh beberapa widgets yang bisa ditambahkan ke layar


7. Think before you download

Sebelum mengunduh dan menginstall aplikasi baru, tanyakan pada diri sendiri, "Apakah aplikasi ini sparks joy ataukah malah sparks addiction alias mengundang kecanduan?"


Selamat beberes!



Artikel ini merupakan bagian dari seri KonMari Gadget.

Posting Komentar

0 Komentar