Tips Beberes Aksesori Gadget


Semakin banyak gadget yang kita miliki, semakin banyak pula aksesori yang tersimpan. Ditambah lagi, produsen gadget yang berbeda terkadang mengeluarkan aksesori yang berbeda pula. Kabel, charger, converter, earphone, flash disk, SD card, juga power bank, semua yang tak digunakan sehari-hari biasanya tergeletak di dalam sebuah laci. Butuh beberapa menit untuk mengurai gulungan-gulungan dan menyibak pernak-pernik untuk menemukan barang yang benar-benar kita butuhkan. Berikut ini tips beberes aksesori gadget yang bisa Mama coba terapkan di rumah.

Jual/donasikan/daur ulang/buang

  • Coba cek apakah ada gadget yang tidak terpakai lagi. Jika masih berfungsi dengan baik, kita bisa menjualnya lagi sebagai barang second atau memberikannya kepada kenalan yang membutuhkan.
  • Cek aksesori yang gadgetnya tidak lagi kita gunakan atau bahkan tidak kita miliki lagi. Barangkali masih terselip charger Blackberry di antara belantara kabel di sana?
  • Identifikasi barang-barang yang tersedia lebih dari satu. Siapa yang butuh 5 earphone yang berbeda-beda? Pilih 1-2 untuk digunakan sebagai aksesori utama dan cadangan, kemudian singkirkan sisanya.
  • Jika barang sudah rusak, sebelum membuang Mama bisa mencoba mencari tempat daur ulang yang menerima barang-barang elektronik (e-Waste).


Backup data

Flash disk dan memory card jika sering digunakan lama kelamaan akan menurun fungsinya. Sebaiknya flash disk tidak digunakan untuk menyimpan data penting melainkan hanya untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain. Transfer file-file penting ke perangkat penyimpanan lain yang lebih aman.

Gunakan organizer

Simpan kabel, earphone, dan aksesoris lain menggunakan organizer. Mama bisa membeli organizer jadi di berbagai toko aksesori gadget, atau membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah seperti gulungan tissue, clip, atau kain yang dijahit.



Untuk earphone, sebelum memasukkannya ke wadah, Mama bisa menggunakan tips berikut untuk melipatnya dengan rapi.



Beri label

Memberi label pada setiap aksesoris untuk memudahkan pencarian. Charger misalnya dapat diberi label dengan nama perangkat pasangannya atau nama pemiliknya.

Label pada kabel, via Amazon



Simpan dengan aman

Simpan semua aksesori di tempat yang tertutup, tidak lembab, dan tidak terpapar cahaya matahari langsung. Mama bisa meletakkannya di sebuah laci khusus atau dalam kotak tertutup dengan menambahkan silica gel ke dalamnya.

Gunakan cable holder

Penggunaan cable holder di meja komputer akan membuat semua kabel yang terhubung ke komputer seperti kabel charger, monitor, speaker, printer, dan lainnya menjadi lebih rapi. Jika komputer atau laptop sewaktu-waktu dipindahkan, kabel juga tidak akan langsung berjatuhan.

Via Amazon


Charging station

Tentukan satu lokasi di rumah dengan colokan listrik untuk mengisi ulang semua gadget. Mama bisa membeli yang jadi di toko atau bisa pula membuatnya sendiri. Selain membuat tampilan lebih rapi, charging station juga bisa dijadikan tempat meletakkan gadget di saat jam bebas gadget keluarga. Dengan mudah Mama akan bisa melihat gadget siapa yang belum tersimpan di sana seperti seharusnya. 



Ada tips lain seputar beberes aksesori gadget? Tulis di komentar, ya!



Artikel ini merupakan bagian dari seri KonMari Gadget.

Posting Komentar

0 Komentar