5 Aplikasi Virtual Tour untuk Keliling Dunia

 


Menikmati keindahan beragam tempat di seluruh penjuru dunia kini dapat kita lakukan dari rumah saja melalui aktivitas virtual tour.  Tak perlu biaya mahal, kita cukup menyediakan akses internet yang memadai untuk "berjalan-jalan". Beberapa situs tempat wisata seperti museum atau kebun binatang saat ini telah menyediakan fasilitas untuk berkunjung secara virtual. Mama juga bisa mengakses beberapa aplikasi virtual tour di bawah ini untuk bisa berkeliling dunia dari depan layar gawai.

1. Google Earth

Aplikasi Google Earth menampilkan bumi yang kita tinggali dalam bentuk tiga dimensi menggunakan citra satelit dan data geografi lainnya sehingga kita dapat menyaksikan bentang alam dan perkotaan dari berbagai sudut. Selain itu, Google Earth juga telah terintegrasi dengan Street View berupa foto panorama 360° dari beragam lokasi di dunia. Dengan mengakses Google Earth kita dapat menjelajahi pemandangan di seluruh dunia secara mandiri dari layar gawai. 

Google Earth juga menyediakan fitur Voyager berupa aneka tur berpemandu (guided tour) interaktif, kuis, juga games dengan aneka topik yang menarik seperti Migrasi Kepiting di Kepulauan Christmas, game petualangan Catch Carmen Sandiego, atau perjalanan kano Hōkūleʻa mengelilingi dunia dengan navigasi bintang. 

Peta perjalanan kano Hōkūleʻa keliling dunia


Google Earth tersedia dalam versi browser, mobile, dan desktop. 

2. Indonesia Virtual Tour

Indonesia Virtual Tour merupakan karya Visual Anak Negeri yang menampilkan foto dan video panorama 360° berbagai lokasi wisata di Indonesia termasuk Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, Planetarium Jakarta, Borobudur, Candi Tikus, dan lainnya.

Menikmati rasi bintang di video 360° Planetarium Jakarta


3. Drive & Listen

Aplikasi Drive&Listen menawarkan pengalaman berkendara di berbagai kota di penjuru dunia sambil mendengarkan radio lokal atau kebisingan kota yang sedang dijelajahi. Kita juga bisa memilih kecepatan mobil yang dikendarai sesuai kenyamanan. Kota-kota yang tersedia antara lain Amsterdam, Antalya, Barcelona, Beijing, Berlin, Havana, Lisbon, New York, dan banyak lagi lainnya. 

Perjalanan berkendara di Lauterbrunen, Swiss


Drive & Listen dapat dinikmati dari browser dan dari aplikasi Android. 

Situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini menawarkan pengalaman jelajah Indonesia dalam format video dan foto 360° ke beragam daerah termasuk Bali, Bintan, Banyuwangi, Gunung Bromo, hingga Raja Ampat. Kanal YouTube Indonesia.Travel juga menayangkan beragam video menarik seputar daerah wisata di tanah air. 

Video 360° di Raja Ampat


5. Google Arts & Culture

Google Arts & Culture menawarkan pengalaman interaktif untuk menikmati karya seni dan budaya dari seluruh dunia. Kita bisa menjelajahi beragam museum, cagar budaya, dan tempat-tempat bersejarah melalui Street View, interactive stories, games, augmented reality (AR), juga melihat secara detail berbagai artifak yang ada.

Street View Istana Versailles


Menarik, bukan? Yuk, kunjungi beragam tempat di seluruh penjuru dunia, cukup dari depan layar gawai. Selamat berpetualang!

Posting Komentar

0 Komentar