Cara Seru Belajar Sains dan Teknologi untuk Anak

Meski di rumah saja anak-anak tetap bisa mengisi liburannya dengan berbagai kegiatan yang positif dan seru! Salah satunya belajar sains dan teknologi.

Yah masa lagi libur masih harus belajar. Eits, tenang Mama... kalau yang dipelajari sama dengan yang di sekolah, tentu akan bosan. Ada banyak aktivitas sains dan teknologi yang bisa diikuti anak dari rumah. 

Berikut beberapa kelas online tentang sains dan teknologi yang bisa diikuti anak-anak.

1. Rumah Main STrEAM

Cocok bagi anak-anak yang sedang punya rasa ingin tahu yang tinggi. Rumah Main STrEAM bisa jadi tempat belajar dan bermain STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika). 

Jangan khawatir anak akan bosan karena pembelajarannya dilakukan melalui eksperimen, demonstrasi, dan Do It Yourself (DIY). Semua aktivitas itu berguna untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan anak-anak, yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi (4C).

2. Mungilmu

Mungilmu menyediakan kelas online life skills dan ekskul untuk anak usia 1-12 tahun. Ada banyak pilihan kelas yang ditawarkan, misalnya Aeronautika (desain pesawat), Arsitektur Lanskap, Coding AI (machine leaerning), Dokter Cilik, Elektronika Modern: Monster Circuit, Junior Researcher, Little Engineer, dan lainnya. 

Tidak hanya sains dan teknologi, ada juga ekskul bidang seni seperti fotografi, menggambar, menulis tangan, juga bela diri.

Ada jadwal khusus untuk pelaksanaan ekskul ini. Jadi Mama bisa cek kapan pendaftaran dan pelaksanaannya terlebih dahulu.

3. Kalananti

Kalananti menyediakan berbagai kursus keterampilan masa depan, yaitu keterampilan yang mendorong inovasi atau memecehkan masalah dengan kreatif serta computational thinking (coding). Kursus ini ditujukan untuk anak usia 4-11 tahun. Kelas dilaksanakan secara online sehingga aman untuk situasi pandemi saat ini. Jika membutuhkan alat dan bahan akan dikirimkan ke rumah. Setiap kelas akan didampingi seorang kakak pengajar. 

4. Komunitas Kampung Robot

Komunitas Kampung Robot atau biasa disebut KOKARO merupakan lembaga pengembangan robotika berbasis komunitas. Berpusat di Sidoarjo, Jawa Timur, kini sudah tersebar di berbagai kota seperti Jayapura-Papua, Makassar-Sulawesi Selatan, Sangatta-Kalimantan Timur, Indramayu-Jawa Barat, dan Karimun-Kepulauan Riau. Kelas online bisa dilihat salah satunya di Instagram @kokarosangatta.

Buat si kecil yang tertarik dengan komputer dan robot, ini bisa jadi tempat belajar yang mengasyikkan. Di sini, anak diajak bermain coding dan elektronika dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

5. Sekolah Robot Indonesia

Di Sekolah Robot Indonesia anak bisa belajar membuat robot secara online. Kegiatan belajar dilakuan dengan mentor secara online. Jadi anak-anak bisa tetap berinteraksi dengan mentor. Modul dan kit robot yang digunakan untuk belajar akan dipinjmakn dan dikirimkan ke rumah. Kalau ingin memilikinya sendiri juga bisa, tapi ada biayanya ya Mama.

 

Dengan berbagai aktivitas seperti ini, anak-anak tetap memiliki aktivitas yang seru meskipun hanya di rumah saja.

Posting Komentar

0 Komentar