HP Hilang, Lakukan Lima Langkah Ini

Kehilangan handphone (HP), entah karena dicuri atau tertinggal di suatu tempat, tidak hanya menjengkelkan tapi juga mendebarkan. Betapa tidak? HP membuat kita tetap terhubung dengan orang lain, sebagai alat kerja, bahkan alat pembayaran. HP juga menyimpan berbagai informasi pribadi yang bisa dimanfaatkan jika jatuh ke tangan orang yang salah. Bisa dibayangkan paniknya jika HP hilang.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika HP hilang? Tenang, Mama... Ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

1. Blokir akses seluler dan akses ke aplikasi atau layanan vital

Layanan vital ini misalnya seluler, perbankan, e-mail, serta cloud storage. "Hubungi operator seluler, bank, dan ganti seluruh password pada akun vital," kata Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Fariz Andri Bakhtiar, S.T., M. Kom.

2. Kabari orang terdekat

Kabarkan pada kontak-kontak terdekat, misalnya keluarga, teman, atau kolega, mengenai kehilangan ini. Langkah ini agar mereka turut waspada dan berjaga-jaga agar terhindar dari penipuan. Bisa dilakukan melalui e-mail yang diakses dari perangkat lain, atau bila perlu pinjam HP teman.

"Jika kita bekerja di perusahaan, bisa jadi pihak manajemen perlu membekukan sementara akses internal atas nama kita untuk alasan keamanan," ujar Fariz.

3. Lakukan pelacakan lokasi ponsel

Langkah ini bisa dilakukan jika sudah memasang dan mengatur fitur pelacakan seperti Find My iPhone atau Android Device Manager. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan fitur serupa, contohnya Avast Mobile Security, Neatspy Phone Tracker. Dengan kredensial yang tepat kita dapat mengetahui perkiraan posisi ponsel berada. 

"Fitur/aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai ikhtiar menemukan kembali ponsel yang hilang. Jika peluang menemukannya kembali terbilang sangat kecil, kita dapat mengalokasikan sumber daya waktu dan tenaga mengamankan data sensitif yang mungkin tersimpan secara fisik di ponsel tersebut," ucap Fariz.

4. Hapus seluruh data dari jarak jauh

Penghapusan jarak jauh atau remote wipe perlu dilakukan untuk menjaga privasi data yang tersimpan di ponsel. Fitur Find My iPhone atau Android Device Manager dapat pula digunakan untuk menghapus seluruh data di ponsel. 

Langkah ini untuk mengantisipasi apabila ponsel jatuh ke tangan orang lain dan mencegahnya mengakses data yang tersimpan di perangkat. 

Fariz menyarankan, sebaiknya data yang tersimpan di memori fisik ponsel hanya file-file yang sering diakses. Selain itu, semua data sebaiknya disimpan di cloud yang dapat diakses kapan pun melalui jaringan.

5. Pulihkan kembali nomor ponsel melalui operator seluler

Nomor HP sudah menjadi bagian dari identitas diri. Apalagi nomor tersebut sudah melekat dengan aplikasi-aplikasi yang kita gunakan. Jika demikian, setelah HP hilang lebih baik memulihkan nomor itu kembali. Langkah ini juga bermanfaat mencegah nomor tersebut disalahgunakan orang lain untuk menggunakan layanan-layanan yang bisa diakses dari nomor tersebut. Seperti diketahui, beberapa aplikasi mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP untuk mengaksesnya.

Semoga langkah-langkah ini bisa membantu ya, Mama. Meskipun kecil kemungkinan HP hilang bisa kembali, setidaknya langkah-langkah ini bisa mengamankan data dan layanan vital untuk mencegah kerugian yang lebih besar lagi.

Posting Komentar

0 Komentar