Mengasah Kreativitas Anak Lewat Aktivitas Seni dan Kerajinan

Kalau sebelumnya sudah membahas tentang belajar sains dan teknologi yang seru untuk mengisi liburan di rumah, kali ini giliran belajar seni dan kerajinan tangan. Aktivitas semacam ini bermanfaat untuk mengasah kreativitas anak-anak.

Ada beberapa kegiatan seni dan kerajinan yang bisa diikuti anak-anak. Asyiknya, berbagai kegiatan ini tidak hanya bisa dilakukan selama libur sekolah saja. Kegiatan ini juga bisa jadi alternatif mengisi akhir pekan atau jadi agenda selingan di antara rutinitas sekolah yang akan mulai sebentar lagi.

1. Klub Literasi Anak

Klub Literasi Anak merupakan forum menulis kreatif untuk anak. Anak-anak bisa mengikuti kelas menulis reguler, berbagai workshop, dan membaca bersama-sama. 

Banyak manfaat yang bisa diambil anak dari kegiatan menulis ini lho, Mama. Selain melatih kreativitas, menulis bisa menjadi media anak untuk menyalurkan emosi dan mengekspresikan diri, belajar beropini, belajar memecahkan masalah, dan banyak manfaat lainnya.


2. Kreasita

Menggambar juga media ekspresi yang menyenangkan untuk anak. Sebagian orangtua merasa tidak jago menggambar, sehingga kesulitan mendamping anak belajar menggambar. Jangan khawatir, Mama! Banyak sumber yang bisa dimanfaatkan untuk belajar menggambar.

Salah satunya Kreasita ini. Didirikan oleh Kak Tata, seorang seniman muda yang ingin mengajari cara menggambar yang asyik dan seru untuk anak-anak. Ada banyak tutorial menggambar dengan langkah-langkah yang mudah. Pilih obyek yang disukai, lalu ikuti langkah-langkahnya. Kak Tata juga suka memberi tantangan supaya belajar gambarnya lebih seru!


3. Ganara Art Space

Ganara Art Space bisa jadi ruang berkreasi yang menyenangkan untuk anak-anak dan remaja. Mereka bisa mengikuti kelas melukis atau membuat kerajinan dari tanah liat. Lewat kelas online, berkreasi bisa jalan terus di situasi pandemi begini. Eh, Mama juga bisa ikutan juga! Seru ya kalau bisa berkreasi bersama keluarga.


4. Menthilis

Menthilis bisa jadi cara praktis untuk berkreasi. Kenapa begitu? Karena Menthilis menyediakan alat dan bahan untuk membuat proyek seni, kerajinan tangan, juga eksperimen sains. Anak tinggal merakit sendiri di rumah. Lewat Instagram, Menthilis juga kerap membagikan tutorial membuat berbagai kerajinan do it your self. Mama yang pusing karena anaknya tidak bisa lepas dari gadget, bisa mencoba aktivitas ini.


5. Prakardus

Bermain-main dengan kardus ternyata asyik juga! Bersama Prakardus, kardus bisa diubah menjadi barang-barang yang bermanfaat dengan bentuk yang unik. Misalnya saja membuat tempat pensil berbentuk unicorn, lampu tidur Owl, tempat tisu dinosaurus, bahkan tas punggung Jetpack. Aktivitas ini tidak hanya untuk anak, Mama dan Papa juga bisa ikutan juga. Selain bermain, ini bisa jadi waktu yang berkualitas orangtua dan anak.


Semoga rekomendasi ini bisa memberi inspirasi untuk Mama beraktivitas bersama anak-anak di rumah. Selamat berkreasi!

Posting Komentar

0 Komentar