Layanan Kesehatan Mental Gratis, Begini Cara Mendapatkannya

layanan kesehatan mental

Belum banyak masyarakat yang mengakses layanan kesehatan mental. Selain soal stigma negatif, ada juga yang khawatir dengan mahalnya biaya perawatan. Padahal, layanan kesehatan mental bisa diakses gratis.

Riset Kesehatan Dasar 2018 yang dirilis Kementerian Kesehatan menunjukkan, prevalensi depresi pada penduduk umur di atas 15% di Indonesia ialah 6,1%. Dari angka itu, hanya 9% saja yang sudah menjalani pengobatan. Lebih dari 90% belum mendapat perawatan.

"Tidak masalah mau ke psikiater atau psikolog, supaya segera mendapat bantuan. Banyak yang lebih memilih ke psikiater karena bisa dicover BPJS," kata Elvine Gunawan, dokter spesialis kejiwaan yang berpraktik di Bandung saat ditemui, Jumat, 1 Oktober 2021.

BPJS menjadi solusi pembiayaan kesehatan mental yang memang tidak murah. Biayanya bisa mencapai ratusan ribu. Pasien yang berobat menggunakan BPJS bisa mendapatkan perawatan tanpa mengeluarkan biaya, termasuk untuk obat. Sayangnya, tidak semu afasilitas kesehatan memiliki poli kejiwaan.

Berikut langkah-langkah untuk berobat ke psikiater menggunakan BPJS Kesehatan:

  1. Pastikan status kepesertaan BPJS Kesehatan aktif.
  2. Silakan datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan. Saat mendaftar, pasien akan ditanyakan keluhannya. Jawab dengan jujur apa saja keluhan yang dialami. 
  3. Petugas akan mengarahkan ke dokter umum untuk konsultasi. Jika faskes ini memiliki poli kejiwaan, pasien akan langsung diarahkan ke sana. Jika tidak, pasien akan dirujuk ke psikiater di RS rujukan.
  4. Di RS rujukan, pasien harus mendaftar kembali ke bagian administrasi. Selain kartu BPJS, siapkan pula KTP dan KK. Setelah itu, pasien akan mendapat jadwal untuk bertemu dengan dokter spesialis kejiwaan.
  5. Pasien bisa bertemu dengan dokter sesuai jadwal. Konsultasikan semua keluhan yang dirasakan. Jika diperlukan, dokter akan memberi resep dan jadwal untuk kunjungan berikutnya.
  6. Resep bisa ditebus di bagian farmasi. Pasien bisa mendapatkan obat tanpa biaya lagi karena telah ditanggung oleh BPJS.

Layanan psikologi

Layanan psikologi berupa konsultasi juga bisa didapat secara gratis. Beberapa lembaga sengaja membuka layanan ini untik membantu masyarakat rentan agar mendapat pertolongna tanpa merisaukan kendala biaya.

Ada beberapa layanan psikologi yang bisa Mama coba:

1. Layanan Sejiwa 

Layanan Sehat Jiwa atau Sejiwa dibuat oleh pemerintah bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) untuk masyarakat yang menghadapi persoalan psikologis akibat pandemi Covid-19. Layanan ini bisa diakses dengan menghubungi hotline 119 ext. 8. Keluhan seperti kecemasan, stres, dan ketakutan yang kerap terjadi selama pandemi ini bisa dikonsultasikan kepada psikolog yang melayani.

2. Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia 

IPK memberikan layanan konsultasi daring gratis untuk membantu menjaga kesehatan mental masyarakat selama pandemi. Layanan konseling ini akan dilayani oleh psikolog yang sesuai dengan provinsi tempat tinggal pasien. Menurut keterangan di situs IPK Indonesia, konseling daring ini tidak dibatasi wilayah. Akan tetapi, psikolog yang sesuai dengan wilayah pasien lebih mengenal budaya dan bahasa daerah setempat. Daftar nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mengakses layanan ini bisa dilihat di sini.

3. Yayasan Pulih

Yayasan Pulih memberikan layanan konseling gratis untuk anak dan perempuan korban kekerasan. Layanan ini dibuka karena selama pandemi Covid-19 risiko kekerasan meningkat. Masyarakat rentan tetap bisa mendapatkan bantuan lewat layanan ini. Untuk mengaksesnya, masyarakat harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Ketentuan selengkapnya bisa diakses di sini.

4. Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi yang memiliki fakulta psikologi juga menyediakan layanan konsultasi gratis untuk masyarakat. Misalnya  layanan yang disediakan oleh Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran, Bandung. Masyarakat bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mendaftar di website PIP Unpad. Unit Konsultasi Psikologi Universitas Gadjah Mada juga menyediakan layanan serupa. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan menghubungi lewat email ukp.psikologi@ugm.ac.id atau DM Instagram @ukpugm. Beberapa universitas lain yang menyediakan layanan konsultasi psikolog gratis ialah Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Jakarta.

5. Yayasan Praktek Psikolog Indonesia (YPPI)

YPPI membuka layanan Tele Counselling. Layanan konseling ini diberikan gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Masyarakat bisa menghubungi ke beberapa nomor telepon yang disediakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Kontak dan informasinya bisa dilihat di sini.

Lewat konsultasi gratis ini, Mama bisa menceritakan semua yang dialami dan rasakan. Menurut Dokter Elvine, hanya dengan bercerita saja sudah bisa mengurangi beban akibat depresi hingga setengahnya. Jika membutuhkan pertolongan, jangan ragu untuk memanfaatkan layanan ini ya, Mama.***



Liputan ini merupakan bagian dari program fellowship untuk jurnalis perempuan Citradaya Nita 2021 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN). digitalMamaID menjadi kolaborator peliputan tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental perempuan. Tulisan lainnya bisa dibaca di sini.

Posting Komentar

0 Komentar